Rss

Jumat, 29 April 2011

DAKWA NABI MUHAMMAD SAW

Pendidikan Agama Islam Tentang Perjalanan Nabi Muhammad SAW

Pengertian  
   Dakwa adalah kegiatan yan bersifat menyeruh mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah S.W.T sesuai dengan garis aqidah, syariat dan akhal islam.peristiwa hijrah Nabi Muhammad S.A.W terjadi pada 12 rabiul awwal tahun pertama hijrah yang bertetapan dengan 28 juni 621masehi. hijrah adalahsebuah peristiwa pindahnya Nabi Muhammad S.A.W dari mekkah ke madinah atas perintah Allah S.W.T.





Sejarah
  Rencana hijrah Rasulullah diawali karena adanya perjanjian antara Nabi Muhammad S.A.W. dengan orang Orang Yatsrib yaitu suku Aus dan Khazraj saat di Mekkah yang terdengar ke telinga ke kaum Quraisy hinnga mereka pun merencanakan untuk membunuh Nabi Muhammad S.A.W. dan pembunuhan itu melibatkan semua suku.
  Setiap suku di wakili oleh orang pemudahnya yang paling terkuat, tetapi rencana pembunuhan itu diketahui oleh Nabi Muhammad S.A.W sehingga membuat Nabi Muhammad S.A.W beserta para sahabat untuk hijrah.
dan abu bakar pun mempersiapkan 2 ekor unta untuk perjalanan Nabi Muhammad S.A.W.

Metode dakwa rasulullah ;
1).Di sampaikan dengan cara hikmah dan pengajaran yang baik

Yang dimaksud cara hikmah adalah perkataan yang tegas dan benar yang membedakan antara yang hak dan batil. sehinnga dakwa dpat dimengerti oleh para pendengar.

2).Mendebat dengan cara yang baik pula

 Mendebat yang disini agar dapat menjauhi cara berdebat yang hanya melemahkan seirang da'i.
rasulullah senantiasa menghindari perdebatan yang diajak oleh orang kaum kafir.

3).Membalas kejahatan dengan kebaikan

lainnya yang diajarkan oleh umatnya adalah membalas sikap jahat yang dilakukan objek dengan akhlak mulia yang mengetuk hati objek dakwa untuk selanjutnya mengantarkan kepada keimanan yang baik

0 komentar:

Poskan Komentar