Rss

Kamis, 08 Oktober 2009

TUGAS AGAMA ISLAM

1. Bagaimana menurut kamu tentang manusia mahkluk yang sempurna?

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang bentuknya paling sempurna dibandingkan mahkluk lain. bentuk yang dimaksudkan bukanya hanya fisikmelainkan sempurna dalam segala potensinya.manusia ditdak hanya diberi akal untuk berpikir,tetapi juga diberi potensi nafsu sehingga manusia mampu berkreasi untuk kehidupannya.bagi Allah manusia yang sempurna adalah manusia yang menggunakan seluruh potensinya untuk beribadah kepada Allah.an maksud dan inti surah AT-TIN ayat 1-8


2. Tuliskan maksud dan inti surah AT-TIN ayat 1-8!

Allah menegaskan melalui surah AT-Tin bahwa meskipun manusia hidup sampai ke usia tua dan pikun jika sebelum pikun mereka beriman dan beramal saleh, pahalanya akan tetap mengalir sampai ia meninggal dunia.


3.Tuliskan ringkasan dari kandungan surah AT-TIN!

a.Ayat 1,2,3: "Tin" ialah tempat tinggal nabi Nuh.as. Yaitu kota damaskus yang banyak tumbuh pohon tin."Zaitun" ialah baitul Maqdis,tempat suci kedua umat islam yang di Yerusalem ."Turisinin" artinya bukit sinai tempat nabi Musa as. menerima wahyu secara dari Allah SWT.b. ayat 4 : Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang bentuknya paling sempurna dibandingkan mahkluk lain. bentuk yang dimaksudkan bukanya hanya fisikmelainkan sempurna dalam segala potensinya.manusia ditdak hanya diberi akal untuk berpikir,tetapi juga diberi potensi nafsu sehingga manusia mampu berkreasi untuk kehidupannya.bagi Allah manusia yang sempurna adalah manusia yang menggunakan seluruh potensinya untuk beribadah kepada Allah.c. Ayat 5 dan 6: banyak manusia yang menyimpang dan tidak mengerjakan ibadahnya, akan ditempatkan dalam neraka. orang-orang yang beriman dan beramal saleh akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya sampai ia meninggal dan menjadi ahli surga.d. ayat 7 dan 8: Orang -orang yang tidak mau beriman dan beramal saleh akan mendapat balasan diakhirat. padahal mereka maha mengetahui bahwa Allah ad Hakin Yang Maha Adil.


ayat 1-8!4.Tuliskan terjemahan dari surah AT-TIN

Artinyaayat 1 : Demi buah tin dan dan buah dan zaitunayat 2 : Dan demi bukit Sinai.ayat 3 :Dan demi kota Mekkah yang amanayat 4 : Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.ayat 5 : Kemudian kami kembalikan dia ketempat serendah - rendahnya.ayat 6 : Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka pahala yang tidak putus-putusnyaayat 7 : Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan hari pembalasan sesudah itu?ayat 8 ; Bukankah Allah adalah hakim yang seadil-adilnya.


5. Tuliskan 1 dalil hadist tentang menuntu ilmu!

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim.”

Berkata Ibnul Jauzy rahimahullâh, “Perempuan adalah seorang yang mukallaf seperti laki-laki. Maka wajib terhadapnya untuk menuntut ilmu tentang perkara-perkara yang diwajibkan terhadapnya, agar ia menunaikan ibadah tersebut di atas keyakinan.”

Dan tercatat indah dalam sejarah, bagaimana semangat para shahabiyâat radhiyallâhu ‘anhunnâ dalam menuntut ilmu dan bertanya akan berbagai problemetika yang tengah mereka hadapi tanpa terhalangi oleh rasa malu mereka. Hal tersebut menunjukkan kewajiban menuntut ilmu yang tertanam dalam jiwa-jiwa mereka yang terpuji.

‘Aisyah radhiyallâhu ‘anhâ berkata,

نِعْمَ النِّسَاءِ نِسَاءُ الْأَنْصَارِ لَمْ يَكُنْ يَمْنَعُهُنَّ الْحَيَاءُ أَنْ يَتَفَقَّهْنَ فِي الدِّينِ
“Sebaik-baik perempuan adalah para perempuan Anshor. Tidaklah rasa malu menghalangi mereka untuk tafaqquh (memperdalam pemahaman) dalam agama.”

Dan masih banyak dalil yang menunjukkan kewajiban seorang perempuan untuk menuntut ilmu. Bahkan seluruh dalil dari Al-Qur`ân dan As-Sunnah yang menjelaskan tentang kewajiban dan keutamaan menuntut ilmu juga termasuk dalil akan wajibnya perempuan menuntut ilmu, karena perintah pada dalil-dalil itu adalah umum mencakup seluruh umat; laki-laki maupun perempuan.Menetapnya perempuan di rumah adalah suatu hal yang wajib berdasarkan dalil dari Al-Qur`ân dan As-Sunnah. Allah Ta’âlâ berfirman,
“Dan hendaklah kalian tetap di rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” [Al-Ahzâab :33]


Dan Nabi shollallâhu ‘alaihi wa ‘alâ âlihi wa sallam bersabda,
لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ
“Janganlah kalian menahan kaum perempuan kalian dari mesjid-mesjid. Dan rumah-rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka.”


6. Tuliskan keutamaan mencari ilmu dan sebutkan tugas seseorang yang memiliki ilmu!

Keutamaan mencari ilmu ialah seorang yang berilmu kemudian mengajarkan ilmunya, mendakwahkannya, hingga Allah memberikan hidayah kepada orang lain dengan sebab dakwahnya, maka menjadi salah satu amal jariyah baginya. Selama ada yang mengamalkan ilmunya tersebut, maka dia akan terus mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala walaupun dia telah meninggal. Berbeda dengan orang yang mengerjakan shalat sunnah dan semisalnya, tidak ada yang merasakan manfaatnya kecuali hanya dirinya sendiri.Tugas yang memiliki ilmu (ulama) adalah menyebarkan ilmu yang baik kepada orang disekitarnya demi tujuan untuk beribadah kepada Allah swt.Ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala ini menjelaskan demikian tingginya derajat dan kedudukan para ulama di atas yang lainnya. Dan merekalah orang-orang yang senantiasa mendapatkan kemuliaan di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala dan juga di kalangan manusia.


Di dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشآءُ“Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki.” (Yusuf: 76)



8 komentar:

Admin mengatakan...

Edrin...kamu terlalu memaksa dengan foto di atas, jadi kelihatannya jelek, oh yah...pasang link saya di kamu, yah saya tunggu, cari tau caranya.

Admin mengatakan...

Edrin...mana foto kamu? cepat pasang....dan pasang links saya di kamu, cari tau caranya.oh yah satu lagi kamu terlalu memaksa dengan foto di atas jadi kelihatan jelek....

edrin_gunawan mengatakan...

ok pak gun

AGA mengatakan...

Permisi....Saya sekedar jalan"....Blog walking saja kok...

In every steps when I leave this blog, something is writen on the comment side...That is

http://mafifgiffari.wordpress.com

Unknown mengatakan...

iya btul kata pak gun

Brinaldy Sharqie mengatakan...

Permisi hanya sekedar blog walking aja
kunjungi blog saya di http://brinaldy.blogspot.com

akbar afwa mengatakan...

kunjungan balik ke blog aq ya

Anonim mengatakan...

Nice Blog..

Posting Komentar